Minggu, 06 September 2009

Bahayanya Tambang BatuBara Bagi Bumi Kita

Gundulnya Hutan Indonesia Ku





Banyaknya terjadi penambangan batu bara di daerah-daerah di seluruh indonesia banyak menybabkan hutan-hutan yang ada menjadi gundul habis di tebang tak ada penghijawan karena percuma tanah tidak bisa ditanamai lagi dengan tumbuhan apapun karena tanah udah gersang dan tandus dan pastinya tidak subur lagi.....!!!!! Ap yang akan terjadi pada alam kita...??????


Sesunguhnya saya sangat merasa sedih dengan ke'adaan hutan kita seperti ini apakah sampe kepada anak cucu kita menghirup udara segar dari pepohonan yang mulai langka dilihat oleh mata karena penambangan batu bara semakin meluas bahkan mendekati pemukiman penduduk....jalan raya....dan di smping pasilitas umum...!!!

Mari kita berpikir sejenak dengan tenangan seandanya penmbangan batu bara terus bergeser ke pemukiman penduduk apa yang akan terjadi...?????

Sekarang kita bisa lihat khususnya warga kaltim yang tinngal di jalur tenggarong samarinda...yang separuh jalan bisa menikmati suasana penambangan yang sangat indah namun itu hanya saat batubara masih ada di situ....setelah tidak ada maka penambangan pun selesai pemnadangan yang indah pun hilang maka yang tersisa adalah sebuah tebing yang dalam yang semua isi buminya sudah terkuras dan kita bisa bayangkan sendiri apa yang terjadi seandaynya tejadi hujan deras...????maka air akan mengandung karena tak ada yang menyerapnya lagi....!!!!!!!!!! dan lama kelamaan akan menjadi sebuah danau itu sihhhhh cuma hayalan aku aja hehehehe :-)

Memang law di pikir-pikir penmbangan batubara belum ada cara yang sangat tepat,tanpa harus mengorbankan kepentinagan yang lain....!!!!
Kalaw cara penambangan yang terdahulu yaitu penambangan dengan melalui bawah tanah sangat membahayakan bagi kariyawan batubara dan danpaknya bagi bumi kita ialah terjadi lobang ditengah tengah bumi dan mengahacurkan pondasi bumi...makanya bumi kita sekarang mulai menurun karena pondasinya sudah tidak kuat...
Dan kalaw cara penbangan yang sekarang dengan mengeruk dari atas memang tidak membahayakan kariyawan batubara tapi membahayakan kesehatan masyarakat apa lagi pada sa'at musim kemarau debu-debu sangatlah banyak karena erosi besar....dan setelah pertambangan selesai yang terjadi pada bumi kita ialah lubang-lubang yang berada di mana-mana....dan ujungnya bumi kita akan menjadi bolong-bolong seperti bulan saja :-(

Refrensi gambar dari : http://indraagusrahman.blogspot.com/2009/06/pertambangan-batubara-terkena-imbasnya.html

0 komentar: