Kamis, 05 Februari 2009

ISTILAH-ISTILAH KOMPUTER


MENGENAL ISTILAH ISTILAH
YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTHERBOARD

Dalam sebuah motherboard, ternyata terdapat banyak sekali komponen yang satu sama lainya saling berhubungan. Sebelum mengenal komponen-komponen ini lebih jauh ada baiknya kita memahami istilah yang berkenaan dengan mainboard.


1.ZIP SOCKET / SOCKET PROSESOR
Bagian ini merupakan tempat menaruh prosesor, dan biasanya ada tanda khusus pada socket yang bersangkutan sebagai petunjuk untuk menempatkan prosesor agas pas. Setiap mainboard mempunyai socket processor yang berbeda-beda tergantung dengan tipe dan klasifikasi processor itu sendiri. Misalnya socket 370 untuk prosesor Intel Pentium III dan Celeron, socket A untuk prosesor AMD Athlon dan Duron, serta socket 423/478 untuk prosesor Pentium 4. Tempat processor ada 2, Tipe SLOT dan SOCKET

2.SOCKET MEMORY
Socket/Slot ini untuk menempatkan memori pada motherboard dan socket memory memiliki bentuk yang berbeda untuk memori yang berbeda pula. Kebanyakan motherboard memiliki socket sebanyak 3 atau 4 buah, tergantung jenis mainboardnya. Untuk memori SDRAM, socket DIMM yang harus dimiliki adalah socket 168 pin, sementara untuk memori jenis DDRAM, socket yang dipasang adalah 184 pin.

3.CHIPSET
Fungsi utama chipset adalah mengatur aliran data antar komponen yang tepasang pada mainboard. Chipset banyak jenis dan kegunaannya yang paling populer dan mempunyai peran penting pada system mainboard terdiri dari dua buah yaitu North Bridge dan South Bridge. Dua buah chipset yang terpasang itu sendiri mempunyai tugas yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Chip pada North Bridge berfungsi untuk mengatur aliran data dari dan ke processor, bus AGP, dan memori utama sistem. Sementara chipset yang South Bridge mengatur aliran data dari piranti input output, bus PCI, interface harddisk dan floppy serta piranti eksternal lainnya.

4.CMOS
Singkatan dari Complementary Metal Oxida Semiconductor yang merupakan komponen berbentuk IC (Integrated Sircuit). Komponen yang satu ini sebagai media penyimpan hasil settingan BIOS selama battery yang mendayainya masih bagus.

5.I/O PORT ( Serial, Paralel, Audio, USB, Game Port)
Biasanya berada di posisi belakang motherboard yang berfungsi sebagai sarana untuk memberi masukan dan keluaran pada sistem komputer. Motherboard generasi sekarang ini telah menyertakan pula port USB untuk berhubungan dengan pheriperal lainnya seperti printer, scanner, camera digital, dan pheriperal lain yang berbasis USB. Terkadang pada beberapa motherboard disertakan pula port Ethernet untuk masuk kedalam jaringan komputer.


6.KONEKTOR POWER/CATU DAYA ( Power Supply/PSA, Processor, Fan )
Fungsinya sebagai penghubung dan perantara arus listrik ke untuk mensupplay tenaga kepada semua komponen yang tersambung pada motherboard.

7.KONEKTOR CASING
Berfungsi untuk menyambungkan tombol / saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4 disertakan pula sebuah konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.



8.KONEKTOR IDE & FLOPPY
Fungsinya yaitu untuk menyambungkan harddisk dan floppy ke motheboard. Saat ini interface harddisk pada motherboard yang banyak digunakan adalah IDE Ultra ATA/100 yang mampu memberikan kecepatan tranfer data hingga 100 Mb/detik. Saat ini Maxtor telah mengembangkan interface baru yaitu Ultra ATA/133, namun kelihatannya sampai saat ini belum mendapat respon yang baik dari vendor lain. Lebih penting lagi dalam menentukan motherboard adalah ukurannya. Ada beberapa jenis ukuran motherboard mulai dari AT, Micro ATX dan ATX.
Pada umumnya, motherboard sekarang sudah banyak menggunakan teknologi ATX, motherboard kelas standard ada yang bertype ATX, sedangkan motherboard Mid End atau High End kebanyakan menggunakan form factor ATX. Meskipun form factornya berbeda setiap motherboard memiliki standarisasi yang sama, sehingga ukuran ini hanya berpengaruh pada pilihan casing yang akan digunakan.

9.BIOS
Singkatan dari Basic Input Output System, yang merupakan kumpulan informasi motherboard dan juga merupakan software berisi perintah-perintah dasar. Fungsi utamanya adalah sebagai sarana komunikasi antara sistem operasi dengan hardware yang terpasang dengan motherboard.

10.BUS
Istilah yang menyatakan sistema aliran data yang digunakan hardware yang terpasang pada motherboard untuk berkomunikasi dengan prosesor. Satuan yang digunakan biasanya adalah frekuensi (Hertz) atau lebar bit data.

11.CLOK SPEED
Digunakan untuk menyatakan kecepatan dari sebuah prosesor atau komponen lainnya. Angka clok speed didapat dari perkalian multiplier dengan FSB. Semakin tinggi clok speed maka semakin tinggi kinerja kerja yang dihasilkan oleh prosesor atau komponen hardware lainnya. Satuan yang digunakan biasanya adalah megahertz (Mgz) atau Gigahertz (Ghz), biasanya disebut juga kecepatan eksternal dari sebuah prosesor.

12.FSB
Sigkatan dari Front Side Bus, yaitu Bus utama yang menghubungkan antara prosesor dengan chipset motherboard, satuan yang digunakan adalah Megahertz (Mgz).

13.HEATSINK
Komponen yang diletakkan diatas prosesor, berfungsi untuk menyerap panas yang dihasilkan oleh prosesor waktu bekerja.biasanya dilengkapi oleh sebuah kipas agar suhu prosesor tetap stabil.

14.OVERCLOKING
Suatu teknik yang dilakukan untuk meingkatkan kinerja prosesor, memory atau kartu grafis, dengan cara meningkatkan FSB atau Clok Speed komponen tersebut. Teknik ini memerlukan sebuah sistem pendingin khusus pada komponen, karena menghasilkan panas berlebih, dimana panas berlebih ini bisa merusak sistem.
ARSITEKTUR KOMPUTER
Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

15.I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
16.Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
17.Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
18.Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

1 komentar:

Dio mengatakan...

Blognya bagus . . .

Thanx ya ilmunya . . .

"IndoBlogNet.Blogspot.com"